Tuesday, June 21, 2011

I Know You Were Better Than Me.

Selasa, 21 Juni 2011
21:27
where is the truth?


Pagi ini aku ngobrol ngobrol sama seorang temen sekelasku. Panggil saja dia ABC. Bukan masalah siapa ABC tapi aku lebih tertarik untuk membahas tentang pembicaraan kita tadi pagi. Tentang kebenaran di dalam kaum minoritas. Awalnya kita ngobrolin tentang something currently happened around us, eh ternyata mata kuliah pagi ini juga menunjang topik pembicaraan kita. State philosophy atau singkatnya, pancasila! Dari yang awalnya membicarakan apa itu filsafat jadi membicarakan tentang suatu kebenaran dari sebuah filosofi. Berat beraaaaat.

Sampai akhirnya pak dosen menjawab:

"Sebuah kebenaran itu datang dari asumsi masyarakat mayoritas. Pancasila itu benar karena relatif masyarakat Indonesia setuju dengan Pancasila. Jadi kebenaran bukan karena benar atau salah, tetapi karena diterima atau tidak oleh pihak mayoritas."

Satu yang aku tangkap: "It's ain't easy for being minority"




Menjadi minoritas bukan perkara mudah untuk beberapa orang. Mungkin untuk beberapa orang yang tidak terbiasa memberontak atau sama sekali tidak tertarik untuk mendominasi ini bukan persoalan, tetapi untuk orang orang yang punya pendapat berbeda dari kebanyakan orang ini bener bener nggak mudah. To be honest, Aku salut pada orang yang berani menjadi pihak oposisi dan speak up dengan segala argument yang dia punya terlepas dari dia benar apa salah. Karena seperti diatas, kebenaran bukan datang dari benar atau salah, tetapi diterima atau tidak oleh pihak mayor. Tidak mudah untuk menyampaikan apa yang dianggap benar jika kamu berada di pihak minor. Terkadang hal terbaik yang minor lakukan adalah menyerah lalu diam.


Aku mungkin bukan minoritas kuat ataupun mayoritas dominan. Aku ya aku, melihat segalanya dari perspektifku sendiri.
Saranku buat kalian yang luckily menjadi pihak minoritas: Jangan takut untuk menjadi kaum minoritas. Jangan pernah takut dibenci orang -ini ajaran ibu saya sejak kecil- . Perjuangkan apa yang menurut kalian benar, karena kebenaran yang mutlak hanya milik Tuhan semata.
Untuk kalian yang tidak paham tentang apa yang aku bahas, maka berpendirianlah :) karena lebih baik berjuang sebagai minoritas daripada menjadi mayoritas namun mudah "disetir" orang lain.



If you do not like something, change it. If you cannot change it, change your attitude - Maya Angelou

antiikus!


1 comment: