Tuesday, May 10, 2011

Teater Kertas bukan sembarang pentas!

Selasa, 10 Mei 2011
01:29

aku rindu panggung, dan naskah..

I miss Teater Kertas for sure,,

Mungkin terhitung 3 tahun dari sekarang, aku cuma anak baru di Teater Kertas. Bermodal pernah belajar teater waktu SMP, membuatku tertarik untuk masuk ke ekskul teater lagi. Awalnya yang ikut banyak, tapi karena sebagian ada yang ikut pelatihan Tonti, jadilah orang orangnya berkurang. Waktu itu pelatih teaternya bapak tua berkumis tebal –aduh aku blas lupa siapa namanya-. Seingetku dulu awal awal banget yang ikut itu aku, Ciciks, Aisha (+ yogik), Dayat, Reri, Titin, Molly, Nenan, Satrio ponco, Tily, Shinta Shemp, Puput Dewantari, dan tidak lupa Nana Marucco huahahahaha.

Aku inget dulu debut pertama kita itu ikut Pentas teater di ISI. Rasanya antusiaaaas banget. Apalagi dulu kakak kelasnya yang aktif teater cuma Mas Topik, Mbak Luh Mas, Mas Ajik, Mas Aura kayaknya. Jadilah kita dilatih si bapak berkumis tebal homoannya si w*kepretesek tadi. tiap siang, gak pemain, gak tim-pro di suruh latian vokal. A-A-A-A-A-A-A !!! harus pake suara perut, bulat dan tegas. Rajelas zzz. Waktu itu isin banget bro diliatin sak sekolahan, di Joglo teriak teriak. Tapi lama lama ada kebanggaan sendiri menjadi anggota Teater Kertas yang mana anak-anaknya unyu unyu banget B-)

Setelah konflik yang panjang dan perdebatan yang alot kita jadi juga pentas di ISI. Dengan dekor ala kadarnya, kostum seadanya, pemain semampunya kita turut serta dalam pentas yang mantap jaya itu.

ini dia awal debut kami di teater hehehe

Habis itu, kita main dari panggung pensi – sen – pensi – sen. Teater kertas mulai disukai warga SMADA setelah katanya teater kertas dibleklist lah, disengiti lah apalah. Kita tetep bertahan dengan ke-sangat-sederhana-an yang kita punya. Pentas kedua itu waktu SEN judulnya “Timun Mas”. Waktu itu aku jadi pembantu hahaha, menel menthel kemayu cempreng, rasah akting sakjane aku haha. Jadilah saya terus menerus latihan suara perut itu tadi dan menghafal naskah. susah sih, tapi bisa kok B)

kamu pasti sudah tau aku yang mana hahaha

Yang lucu waktu pementasan "Timun Mas", Sutradaranya waktu itu Cicik, waktu latian, di naskah gak ada tuh bagian aku suruh nyanyi, tapi pas manggung, Cicik dengan akal sehat nya waktu itu entah kemana dia bisik bisik sama aku

“Tik nyanyi Tik ! cepet nyanyi biar gak garing!!”
aku jelas melongo tho ya, Cicik lupa kalo suaraku ini macam apa.. trus aku bisik2-bisik lagi ke Cicik
“Hah?? Edan po? Gah !”
padahal itu keadaannya aku di panggung dan Cicik di belakang panggung. Setress.


Selanjutnya, aku jarang maen teater lagi waktu kelas 2. Waktu itu aku banyak ikut kepanitiaan event2 di sekolah, jadi sulit buat latihan teaternya (´⌒`) tapi ternyata anak-anak teater juga mau ikut eksis doong, kita bikin Pementasan Tunggal Teater Kertas bertajuk “Perempuan Dalam Kereta” sekaligus memperingati hari kartini. Pementasan nya waktu itu aku inget banget tanggal 25 April 2009.

Bisa dibilang, pementasan tunggal pertama itu, event yang paling gak bisa tak lupain dalam hidupku *tsaaah. Dari pertama yang udah pada no hope kayaknya gak bakal di acc sama Pak Prayit dan panitia nya yang dikiiit banget. Awalnya aku jadi danus, tapi tiba2 bendaharanya dateng ke aku dan menyerahkan semua uang nya serta pembukuannya ke aku setelah itu dia menghilang bagai di telan ikan cupang. Bah bah bah ! jadilah posisiku bukan danus ataupun bendahara, tapi “Pemegang Uang” shil. Masak aku yang nyari duit dan aku pula yang harus ngeluarin duit juga? Itu tega beut sumpeee.

Tapi Allah semacam kasih jalan, 4minggu sebelum pentas semua jalan kayak di lancarin gitu aja. Yaah masalah sih banyak, tapi bukan sebuah masalah yang bisa ngeberhentiin kita buat tetep pentas di TBY ƪ(˘⌣˘)┐ ƪ(˘⌣˘)┌(˘⌣˘)ʃ masalah kecil kecil nya semacam: Sutradara galak, alumni alumni yang kasi kritik kritik pedess, poster yang kurang infonya, dan masalah finansial buat konsumsi lah, nyewa gedung, biaya perkap ini itu..

aku inget banget waktu itu suatu pagi aku bangun trus aku mengeluh habis habisan “kapan ini semua berakhir, tiap aku bangun semuanya pasti masih sama, teater again and again” tapi ternyata sekarang aku sadar kalo itu yang menyenangkan, prosesnya :)

Banyak kejadian lucu lucu selama bikin Pementasan Tunggal waktu itu. Kita tim produksi capeknya gak main main. Pemain pasti lebih capek lagi ding ya. Kadang nungguin mandor mandor (baca: Rindra, Daceng, Adon, Cuyol) kerja bikin perkap di sekolah bisa nyampe jam 12 malem. Gimana pak Koor Mandor (baca: Ado) dan soulmate mandor (Baca: Ria) bolak balik nyari perkap kesana kesini. Dari nggotong-nggotong bambu pake motor, pinjem meja kursi punya eyangnya Ado, tangan mandor mandor bersimbah darah buat motong2in bambu, sampe pick-up yang ketabrak. Dan aku sibuk mengemis mencari nafkah untuk makan para perkap-ers itu hahaha. Untung waktu itu aku punya pacar sabar beutdh yang kuat nemenin aku mumet mumet nangis nangis sambat sambat. Haha penting banget ini (ˆ▽ˆ)♥·♡

Sampailah kita di Hari-H. Dimana semua panitia nungguin hari ini. Berhubung kebutuhan finansial di hari itu sudah terpenuhi semua, jadilah aku manager sehari buat para pemain dan Tim-pro. Ngurusin orang segitu banyak gak gampang sumpah. Dari nyariin konsumsi kecil sampe nyariin ketua Tim-Pro sama sutradara buat di wawancarai wartawan. Semua orang senang, semuanya bahagia, termasuk aku ƪ(◦˘▽˘◦)ʃ



klik disini buat liat foto foto Pementasan Teater Kertas "Perempuan Dalam Kereta"

Dan setelah itu Pementasan Tunggal Teater Kertas jadi acara tahunan di SMADA. Seneeeeng seneeeeng seneeeng banget ! rasanya perjuangan kita yang jungkir balik salto koprol kayang waktu itu dihargai sama sekolah hihi. Dan adik adik kelas angkatan 2011 juga bikin Pementasan Teater Kertas yang gak kalah kerennya. Seingetku temanya tentang cinta kalo gak salah. Aku suka suka suka banget setting mereka. Tarian dan paduan suara nya juga top banget! Teater kertas emang oyee :D

–maaf ya buat adek adek 2011 karena aku gatau gimana prosesnya jadi aku Cuma bisa posting garis besarnya aja. gapapa yaa hehe :D-

Dan kali ini dedek dedek dari SMADA 2012 yang mau unjuk kebolehan. Ini dia posternya.

Lumayan bikin melongo juga loh liat posternya. Liat dong itu sponsor nya apa. Hahaha rokok maan dan di concert hall jugak, waaa keyeeen ^_^ kalo dulu kerja keras angkatanku buat bikin pementasan teater udah struggle banget, ini pasti lebih hard lagi. goodluck ya adek adek :)

Ayo ayo bagi ncang ncing bapak ibu om tante adek kakak kimbil bribikan ato mas mbak berondongan yang nagku dulu pernah gabung di Teater Kertas mari merapat ke Persimpangan” Concert Hall, TBY, 16 Mei 2011. Harga tiket 20.000 / 15.000 aja kok. -(ˆ▽ˆ)-

Yok nonton yok ndul :p


Teater Kertas memberi ku pelatihan tentang semuanya lebih lebih lebih daripada training yang aku dapat dimanapun!

Antiikus!

1 comment:

  1. temenku jadi tallent nya lho #pamer
    aku bela belain ngutang buat beli tiketnya

    ReplyDelete